Friday, December 30, 2016

Perawatan Kucing, Cara Memandikan Kucing / Grooming Kucing

sebelum memulai memandikan kucing kesayangan anda, harap diperhatikan kucing anda dalam keadaan sehat. grooming pada kucing bisa dibagi menjadi dua tahap yaitu grooming basah dan grooming kering. beberapa orang melakukan grooming basah terlebih dahulu baru grooming kering, atau sebaliknya. saya sendiri lebih memilih untuk melakukan grooming kering terlebih dahulu karena lebih efisien untuk dilakukan. disebut grooming kering karena dalam melakukan grooming tidak menggunakan air. grooming kering terdiri dari memotong kuku kucing, membersihkan kotoran telinga, membersihkan bagian hidung dan mulut kucing.

perlengkapan yang dibutuhkan untuk grooming kering yaitu :
1. cotton bud
2. kapas
3. baby oil
4. gunting kuku (dianjurkan memakai gunting kuku khusus kucing karena sudah disesuaikan dengan bentuk kuku kucing)

untuk melakukan grooming pastikan anda menghandle kucing anda dengan benar, agar anda tidak dicakar.

langkah-langkah grooming kering :
1. potong kuku kucing anda dengan pemotong kuku dengan cara memegang kaki bagian kaki yang akan dipotong kukunya, dalam keadaan biasa kucing tidak akan mengeluarkan kukunya, maka dengan menggunakan jempol dan telunjuk anda, tekan bagian jari kucing untuk mengelurkan kukunya. potong bagian ujung kuku saja, jangan potong terlalu panjang karena dapat melukai kucing anda. pastikan keempat kuku di setiap bagian kaki terpotong agar kukunya tidak melukai anda saat bermain-main dengan anda.
2. dengan menggunakan kapas dan baby oil, bersihkan daun telinga kucing bagian dalam dan rambut-rambut halus di telinga kucing.
3. dengan cotton bud dan baby oil, keluarkan kotoran bagian dalam telinga kucing seperti membersihkan kotoran telinga manusia. hati-hati jangan terlalu dalam karena bisa melukai organ vital telinga kucing.
4. bersihkan bagian hidung dan sekitar mulut dengan kapas yang sudah dibasahi air.

grooming kering selesai, bila kucing anda terlihat stress di setiap tahap, maka anda dapat mengistirahatkan kucing anda sebentar. selanjutnya grooming basah dilakukan dengan air hangat agar, karena bila dimandikan dengan air dingin tingkat stressnya lebih tinggi.

alat-alat yang dibutuhkan untuk memandikan kucing yaitu :
1. shampoo kucing (sebaiknya gunakan shampoo khusus kucing yang bisa anda dapatkan di petshop terdekat, karena bila anda menggunakan shampo untuk manusia yang mungkin dapat membahayakan kucing anda sendiri karena formula di dalam shampo manusia yang tidak cocok untuk kucing), anda dapat mengencerkan shampo yang anda gunakan untuk mempermudah saat memandikan kucing
2. kanebo (kanebo digunakan karena memiliki daya serap air yang lebih tinggi)
3. handuk (untuk mengeringkan rambut kucing lebih maksimal)
4. hair dryer (untuk mengeringkan rambut kucing secara sempurna)
5. sisir (untuk merapikan rambut kucing, sangat diperlukan bila kucing anda berambut panjang (longhair)).
langkah-langkah memandikan kucing :
1. tutup lubang telinga kucing dengan kapas agar air tidak memasuki telinga kucing karena dapat memicu penyakit radang telinga (otitis)
2. basahi bagian badan kucing secara perlahan dengan air hangat
3. siram sabun yang telah diencerkan sembari menggosok-gosok setiap bagian tubuh kucing, pastikan bagian sela-sela jari, perut, ketiak, pantat, tidak luput untuk dibersihkah.
4. bilas sabun pada tubuh kucing dengan air,bagian kepala dihindari terkena guyuran air, lap saja bagian muka kucing dengan tangan.
5. setelah bersih dari sabun, gunakan kanebo untuk menyerap air pada tubuh kucing.
6. gunakan handuk untuk mengeringkan lagi tubuh kucing.
7. gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut kucing, pastikan setiap detil tubuh kucing kering, karena bila tidak kering dapat memicu pertumbuhan jamur pada kucing anda.
8. kucing anda siap bermain kembali.

0 comments :