Wednesday, January 4, 2017

Tanda-tanda Kucing Melahirkan


Tanda-tanda Proses Kelahiran pada Kucing

            Penurunan suhu rektal selama 12 jam pertama atau dalam tahap pertama kelahiran dapat dicatat, biarpun tanda ini tidak seakurat pada anjing betina. Adanya susu dalam kelenjar susu bukanlah merupakan tanda yang tepat menjelang proses kelahitan. Pada induk primipara, laktasi mungkin terjadi kurang dari 24 jam sebelum proses kelahiran, sedang sesudah beberapa kebuntingan, kolostrum bisa dideteksi paling cepat satu minggu prepartum. Kucing akan menjadi lebih gelisah selama 2 hari terakhir kebuntingan, mencari tempat untuk partus/melahirkan. pada kucing feral untuk melahirkan akan pergi mengasingkan diri, terkadang bahkan ke tempat-tempat yang tidak dapat diakses, sedangkan kucing peliharaan akan mengikuti pemilik dan mungkin menolak berdiam diri di kamar peranakannya. Sejumlah induk betina akan menolak semua makanan dari 12-24 jam sebelum melahirkan, sebaliknya sebagian induk lain tidak mengalami anoreksia sama sekali dan bahkan beberapa kucing tetap makan sampai anaknya lahir, bahkan selama interval antara kelahiran anak-anaknya (Junaidi, 2013; Simpson et al, 2004).

Tahap Pertama Kelahiran

            Tahap ini diawali dengan kontraksinya uteri hingga serviks dilatasi sepenuhnya (Feldman dan Nelson, 2004).Selama tahap ini kucing nampak kelelahan dan dapat bersuara nyaring secara teratur. Tingkah laku membuat sarang semakin meningkat, dengan kucing merobek-robek atau mengatur kembali tempat tidurnya. Dia mungkin sering kali mendatangi baki kelahiran dan mengejan yang tidak produktif. Durasi tahap ini bervariasi pada 2-12 jam (Jackson, 2013).


Tahap Kedua dan Ketiga Kelahiran

            Tahap kedua dimulai dengan dilatasi penuh dari serviks dan hingga keluarnya keseluruhan fetus, dan tahap ketiga dimuali setelah ekspulsi fetus dan diakhiri dengan ekspulsi plasenta(Feldman dan Nelson, 2004). Anak kucing pertama normalnya lahir dalam waktu 5-60 menit dari mulainya pengejanan abdominal – periode yang lebih panjang terlihat pada beberapa kucing primipara. Anak-anak kucing berikutnya dilahirkan dalam interval 5 sampai 60 menit (Jackson, 2013). Saat ekspulsi, anak-anak kucing terbungkus dalam kantung amniotik tipis, yang biasanya pecah selama perkembangan dalam saluran pelvis, jika kantong tidak pecah, akan dirobek oleh induk (Junaidi, 2013).

            Plasenta mungkin keluar setelah setiap anak, setelah satu atu dua anak lahir, atau pada akhir tahapan kedua. Proses tersebut biasanya selesai dalam waktu 2 jam dari kelahiran (Jackson, 2013). Kelahiran biasanya diselesaikan dalam 2-6 jam, namun proses kelahiran normal mungkin juga berlangsung sampai 10-12 jam, khususnya pada induk-induk yang lebih tua (Junaidi, 2013). Involusi uteri terjadi selama 4-6 minggu postpartum(Feldman dan Nelson, 2004).

0 comments :